Breaking News

Kamis, 26 Mei 2016

Rahasia Mengisi Baterai dengan Cepat


Berikut 10 Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh :
1. Matikan smartphone
Cara paling ampuh dalam mempercepat proses pengisian baterai adalah mematikan smartphone. Proses pengisian akan lebih cepat dan tahan lama dalam kondisi mati karena tidak ada daya yang terpakai dan baterai tidak sepanas saat dinyalakan.
2. Aktifkan mode Airplane
Aktifkan mode Airplane jika tidak ingin mematikan smartphone. Konsumsi baterai pada mode ini sangat rendah karena beberapa feature utama yang menggunakan daya besar, seperti jaringan telepon (3G), mobile data, GPS, serta WiFi dimatikan.
3. Jangan digunakan
Daya paling besar pada smartphone adalah layar yang diaktifkan terus menerus dan berulang-ulang. Jangan mengutak-atik smartphone jika ingin cepat terisi penuh, apalagi hanya untuk sekedar melihat notifikasi sms / panggilan, atau bahkan Anda mencharge sambil bermain game.
4. Gunakan charger yang tepat
Gunakan charger bawaan yang memang sudah dioptimalkan dalam pengisian baterai. Apabila terpaksa menggunakan charger lain, gunakanlah charger yang memiliki output lebih besar.
5. Gunakan colokan listrik.
Pengisian baterai melalui colokan listrik membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan menggunakan kabel USB karena daya yang diambil melalui port USB memiliki output yang lebih kecil (±0,5-0,9 Ampere), sedangkan charger bawaan memiliki output 2 Ampere.
    6. Matikan feature/aplikasi
    Mematikan beberapa feature atau aplikasi yang menguras baterai menjadi solusi jika Anda adalah orang yang sibuk dan sering mendapat panggilan telepon. Karena mematikannya saat pengisian baterai akan membuat orang lain sulit menghubungi Anda.
    7. Pengaruh suhu
    Hindari smartphone dari kondisi yang dapat menyebabkan panas berlebih saat pengisian baterai. Sebagai contoh, meletakan smartphone didekat komponen listrik lainnya atau terkena sinar matahari langsung. Kemampuan dalam menyimpan energi akan mengalami penurunan akibat baterai yang panas karena baterai yang semakin panas akan semakin boros dan semakin lama dalam saat mengisi baterai.
    8. Dua port USB
    Gunakan kabel dengan dua port diujungnya jika terpaksa mengisi melalui kabel micro USB karena proses pengisian akan lebih cepat dibanding menggunakan satu port USB. Hubungkan dua port tersebut ke komputer dan pastikan tidak ada aliran daya menuju port USB lain.
    9. Kalibrasi baterai
    Penggunaan baterai hingga 0% yang terlalu sering dapat memperpendek usia yang berakibat pada tidak sempurnanya pengisian baterai. Isi baterai minimal pada kondisi 5%. Selama sebulan sekali, lakukanlah kalibrasi baterai dengan cara menghabiskannya hingga 0% kemudian isi kembali hingga 100% dalam kondisi mati. Cara ini dapat membuat baterai lebih awet dan sehat sehingga lebih cepat terisi dan tidak cepat habis.
    10. Ganti baterai
    Permasalahan bisa jadi ada pada baterai itu sendiri ketika segala cara sudah dicoba namun pengisian baterai tetap memakan waktu lama. Jika demikian, gantilah baterai baru yang berkualitas agar komponen lainnya tidak ikut terpengaruh. Dengan cara di atas, pengisian baterai smartphone Anda akan lebih cepat penuh. Selamat mencoba,,,

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Designed By Published By Abi Template - Support Abi Themes